Bandung

time

Pages

Senin, 24 Februari 2014

GEDUNG MERDEKA BANDUNG TEMPO DULU



gedung merdeka bandung tempo dulu
GEDUNG MERDEKA BANDUNG TEMPO DULU


Sejarah Gedung Merdeka.
Gedung Merdeka di jalan Asia-Afrika Bandung,adalahbersejarah gedung yang pernah digunakan sebagai tempatKonferensi Asia Afrika tahun 1955. Kini gedung ini digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia- Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama yang pernah digelar disini tahun 1955.

ARSITEKTUR BANGUNAN Bangunan ini dirancang pada tahun 1926 oleh Van Galen Last dan CP/ Wolff Schoemaker.Keduanya adalah Guru Besar pada Technische Hogeschool (Sekolah Teknik Tinggi),yaitu ITB sekarang,dua arsitektur Belanda yang terkenal pada masa itu,Gedung ini kental sekali dengan nuansa art deco dangedung megah ini terlihat dari lantainya yang terbuat dari marmer buatan Italia yang mengkilap,ruangan-ruangan tempat minum-minum dan bersantai terbuat dari kayu cikenhout, sedangkan untuk penerangannya dipakai lampu-lampu bias kristal yang tergantung gemerlapan. Gedung ini menempati areal seluas 7.500 m2. 

SEJARAH GEDUNG  MERDEKA 
Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1895 dandinamakanSocieteit Concordia,dan pada tahun 1926 bangunan inidirenovasi seluruhnya oleh Wolff Schoemacher Aalbers dan VanGallen. Gedung Sociƫteit Concordia dipergunakan sebagai tempatrekreasi dan sosialisasi oleh sekelompok masyarakat Belandayang berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya. Mereka adalahpara pegawai perkebunan, perwira, pembesar, pengusaha, dankalangan lain yang cukup kaya. Pada hari libur, terutama malamhari, gedung ini dipenuhiatau oleh mereka untuk berdansa, menontonpertunjukan kesenian,makan malam.

Pada masa pendudukan Jepang gedung ini dinamakan Dai Toa Kamandengan fungsinya sebagai pusat kebudayaan.Pada masa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia padatanggal 17 Agustus 1945 gedung ini digunakan sebagai markas pemuda Indonesia guna menghadapi tentara Jepang yang pada waktuitu enggan menyerahkan kekuasaannya kepada Indonesia.Setelah pemerintahan Indonesia mulai terbentuk (1946 - 1950) yang ditandai oleh adanya pemerintahan Haminte Bandung, Negara Pasundan, dan Recomba Jawa Barat, Gedung Concordia dipergunakan lagi sebagai gedung pertemuan umum.disini biasa diselenggarakan pertunjukan kesenian, pesta, restoran, dan pertemuan umum lainnya.

Dengan keputusan pemerintah Republik Indonesia (1954) yangmenetapkan Kota Bandung sebagai tempat Konferensi Asia Afrika,maka Gedung Concordia terpilih sebagai tempat konferensitersebut. Pada saat itu Gedung Concordia adalah gedung tempat pertemuan yang paling besar dan paling megah di Kota Bandung Dan lokasi nya pun sangat strategis di tengah-tengah Kota Bandung serta dan dekat dengan hotel terbaik di kota ini,yaitu Hotel Savoy Homann dan Hotel Preanger.

0 komentar:

Posting Komentar